Istilah manajemen berasal dari kata
management (bahasa Inggris), turunan dari kata “ to manage” yang artinya
mengurus atau tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang
yang menjadi pembantunya agar
usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pengertian Manajemen Menurut para Ahli :
A.
Harold Koontz
& O’ Donnel
Dalam
bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan, “Manajemen
adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan
dengan orang-orang lain”.
B.
James A. F.
Stoner
Manajemen adalah seni menyelesaikan
masalah melalui orang lain.
C.
Prof. Sukanto
Manajemen merupakan suatu usaha
merencanakan, mengorganisasian, mengarahkan, mengkoordinasikan, dan mengawasi
kegiatan – kegiatan suatu oraganisasi secara efisien dan efektif.
D.
George R. Terry
dalam
buku dengan judul “Principles of Manajemen” memberikan definisi: “ Manajemen
adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun
seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Bila kita simpulkan maka manajemen berarti proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain.
Namun, mendefinisikan manajemen ada
berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen
pengurusan dan lain sebagainya. Pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga
pengertian.
1.
Manajemen
sebagai suatu proses
2.
Manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
3.
Manajemen
sebagai ilmu ( science ) dan sebagai seni
Pengertian manajemen sebagai suatu
proses dapat dilihat dari pengertian
menurut :
1.
Encylopedia
of the social science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan
tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2.
Haiman,
manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,
mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan
3.
Georgy
R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu
dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen sebagai kolektivitas yaitu merupakan
suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan
bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan
manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu
tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut Manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat
bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari
manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1.
Chaster
I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the executive, bahwa
manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz
Cyril O’donnel dan Geroge R. Terry.
2.
Marry
Parker Follett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain. Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan
bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

0 komentar:
Post a Comment